5 Tanda yang Mengindikasikan Bahwa Kamu Sedang Stres

5 Tanda yang Mengindikasikan Bahwa Kamu Sedang Stres

Rasa lelah dari rutinitas sehari-hari memang bisa membuatmu merasa tertekan. Pada tingkatan tertentu, tekanan justru membuat kamu termotivasi. Nah, kalau kamu sudah mulai punya ekspektasi tinggi dan terlalu banyak melakukan banyak hal sekaligus, tingkat tekanan hidup mungkin semakin tinggi.

Stres yang terlalu tinggi juga bisa berakibat pada kesehatan. Makanya, kamu harus mengatur rutinitas sehari-hari agar tekanan aktivitasmu tidak berdampak pada kesehatan jangka panjang. Nah, ada baiknya kamu mengetahui tanda-tanda yang mengindikasikan kamu sudah stress berlebihan.

1. Rutinitas Makan Berubah

Rasa khawatir yang berlebihan bisa mengakibatkan selera makanmu terpengaruh. Tidak hanya diakibatkan oleh hormon, tetapi juga pengambilan keputusan secara sadar. Nah, kalau kamu sudah mulai merasa selera makan bertambah atau berkurang secara drastis, sudah selayaknya kamu khawatir. Hal ini memungkinkan kamu untuk dapat mengonsumsi lebih banyak kalori dan makanan manis. Nah, kamu tidak mau ‘kan kalau berat badanmu bertambah akibat stress yang berlebihan?

2. Siklus Datang Bulan Tidak Teratur

Untuk perempuan, stres yang berlebihan juga bisa mengakibatkan siklus datang bulan jadi terganggu. Menstruasi terjadi karena adanya hubungan dari hormon di otak dengan indung telur. Makanya, tekanan mental juga bisa menjadi penyebab terganggunya siklus menstruasi.

3. Jadwal Tidur Terganggu

Tidur menjadi saat untuk tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Namun, saat kamu sedang dalam keadaan stress, biasanya kamu akan mengalami rasa khawatir berlebihan sehingga waktu tidurmu jadi berkurang. Hal ini juga bisa mengganggu jadwal aktivitasmu atau mungkin terlambat saat harus mengejar flight ke bandara. Nah, untuk info lengkap penerbangan yang cocok dengan kebutuhanmu, bisa cek Lion Air official partner ya.

4. Mulai Berjerawat

Stress juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal yang biasanya juga disertai dengan menstruasi. Saat kadar testosteron meningkat, produksi minyak di kulit juga ikut meningkat. Nah, kalau kamu stress dan kekurangan waktu istirahat, sel-sel di tubuhmu akan sulit beristirahat dan melakukan regenerasi. Tidak heran kalau kamu jadi berjerawat saat sedang stress berlebihan.

5. Sering Merasa Tidak Sehat

Meningkatnya tekanan pada diri kamu bisa menyebabkan rasa khawatir bisa menimbulkan terjadinya tekanan yang mengakibatkan rasa sakit kepala. Tidak hanya rasa sakit di kepala, sistem muskuloskeletal juga bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian leher, pundak, dan punggung. Nah, kalau kamu terlalu sering merasakan sakit pada bagian tubuh, akan sulit untuk fokus terhadap aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Agar kamu tidak cepat merasa lelah, kamu harus menyempatkan waktu untuk mengistirahatkan diri.

Kalau sudah sering merasakan beberapa indikator di atas, artinya tubuhmu sudah terlalu lelah dan menunjukkan indikator untuk beristirahat. Nah, kamu harus mulai introspeksi diri untuk memberikan waktu beristirahat yang cukup agar tidak stress berlebihan.

Belum ada Komentar untuk "5 Tanda yang Mengindikasikan Bahwa Kamu Sedang Stres"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel